Di era milenial ini, kecepatan informasi dan teknologi menjadi peran penting dalam kehidupan, tak terkecuali soal kepraktisan. Ada pepatah menyebutkan, “Kalau ada yang praktis, kenapa harus pakai yang ribet?”.

Penulis setuju dengan pepatah tersebut, asalkan caranya benar dan tidak melanggar norma agama ataupun norma yang ada. Perihal pelaksanaan aqiqah ini, berarti tidak boleh terlepas dari syariat yang telah diberitahukan Rasulullah SAW melalui hadits sahih.

Perlu kita garis bawahi terlebih dahulu bahwa pelaksanaan aqiqah pada dasarnya tidaklah ribet, hanya saja dengan berkembangnya pengetahuan dan ilmu teknologi, sekarang pelaksanaan aqiqah bisa jauh lebih mudah dan praktis.

Apa yang Dimaksud Aqiqah?

Sebelumnya, penulis ingin memberikan pengertian singkat mengenai apa itu aqiqah. Jadi, aqiqah adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah besar yang dilimpahkan untuk hamba-Nya berupa kelahiran sang buah hati.

Jumhur ulama bersepakat bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad (ditekankan). Pelaksanaan aqiqah ini menjadi tanggung jawab orangtua anak dan menjadi sunnah yang dibebankan kepada ayah hingga usia anak telah memasuki usia baligh.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Waktu pelaksanaan aqiqah yang paling utama dan sangat dianjurkan adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran sang buah hati. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan, pelaksanaan aqiqah boleh dilakukan di hari lain hingga batas usia anak memasuki baligh.

Beberapa waktu lalu ada salah satu pembaca website Pelangi Aqiqah yang menulis di kolom komentar. Beliau bercerita bahwa telah berencana untuk melaksanakan aqiqah anaknya di hari ke-7 setelah kelahiran.

Tapi Qadarullah, sehari menjelang pelaksanaan aqiqah, sang anak mengalami kejang-kejang sehingga harus dilarikan ke rumah sakit (semoga saat ini sudah sehat kembali).

Melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan aqiqah di hari ke-7 tersebut, pelaksanaan aqiqah sebaiknya dilakukan setelah keadaan sang anak membaik. Aqiqah boleh dilaksanakan di hari berikutnya, dan menjadi tanggungjawab atas kesunnahan orang tua sampai usia anak menjelang baligh.

Semoga niat baik untuk melaksanakan sunnah aqiqah dihari ketujuh sebelumnya sudah dicatat menjadi pahala yang besar disisi Allah SWT.

Tips Aqiqah Praktis

Baiklah, sekarang penulis akan memberikan tips pelaksanaan aqiqah praktis. Disini penulis hanya akan memberikan satu buah tips saja, berkaitan dengan aqiqah online.

Tapi, biar tidak salah paham, mari kita samakan presepsi terlebih dahulu mengenai aqiqah online.

Aqiqah Online

Sebenarnya ini sebuah pengistilahan saja, bukan berarti pelaksanaan aqiqah dilakukan secara maya. Hanya saja salah satu media yang digunakan adalah menggunakan Internet.

Misalnya, Anda mempunyai rencana mengaqiqahkan sang buah hati. Lokasi Anda berada di wilayah Bogor, lalu Anda mencari “Jasa Aqiqah Bogor” melalui Google. Maka, akan muncul seperti berikut:

mencari jasa aqiqah bogor
Mencari jasa aqiqah Bogor melalui Google

Ketika Anda membuka halamannya, lalu akan diarahkan menuju kontak Sales atau CS-nya, biasanya melalui WhatsApp. Nah, ketika Anda mulai berkomunikasi dengan sales sampai akhirnya memesan paket aqiqah, disitulah sedang terjadi proses Aqiqah Online.

Nanti jasa layanan aqiqah lah yang akan melaksanakan serangkaian proses aqiqah untuk sang buah hati Anda. Mulai dari penyembelihan hewan, proses memasak daging, pengemasan hasil olahan daging, hingga proses penyajian dan pengiriman ke rumah Anda, semua dilakukan oleh jasa layanan aqiqah.

Lalu, Bagaiamana dengan Aqiqah Praktis?

Dari penjelasan di atas, sudah terjawab mengenai bagaimana melaksanakan aqiqah praktis. Tipsnya adalah dengan menggunakan jasa layanan aqiqah. Tentu ini bukan tanpa alasan.

Jika kita berbicara kepraktisan sudah jelas menggunakan jasa adalah solusinya, tapi di sisi lain dengan menggunakan jasa, terutama dalam hal ini adalah jasa aqiqah, bukan hanya kepraktisan saja, tapi dari segi biaya pun bisa dibilang lebih hemat jika Anda mengambil paket aqiqah hemat.

Selain itu, Anda jadi tidak perlu mengeluarkan tenaga banyak dan waktu, terlebih lagi jika baru saja Istri melahirkan sang anak, tentu masih ada urusan lain yang harus Anda lakukan, seperti mengurus kelahiran dan merawat Istri.

Sekali lagi, bukan bermaksud penulis untuk menyudutkan pelaksanaan aqiqah yang seolah-olah ribet. Semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah tidak mungkin memberatkan hamba-Nya.

Hanya saja dengan perkembangan ilmu teknologi di zaman Milenial ini, kita bisa melaksanakan aqiqah anak menjadi lebih mudah, dengan menggunakan jasa layanan aqiqah yang bisa dicari di Internet. Salah satunya seperti Pelangi Aqiqah.

Rekomendasi

Megapa harus Pelangi Aqiqah? Jawabannya simpel, karena “Lengkap”. Ya, dari sekian banyak jasa aqiqah, penulis rasa Pelangi Aqiqah adalah layanan jasa aqiqah terlengkap se-Indonesia.

Ada beragam macam pilihan paket aqiqah yang tersedia. Mulai dari paket hemat, paket aqiqah lengkap, bahkan Anda bisa juga memilih menu sesuai keinginan (custom) dan menyesuaikannya dengan budget.

Paket Aqiqah

Bukan hanya itu saja, hewan yang digunakan untuk aqiqah diawasi oleh Dokter Hewan yang profesional, sehingga dapat dipastikan bahwa kondisi hewan prima dan layak untuk disembelih. Proses penyembelihan dan pengolahan dilakukan secara halal.

Soal rasa, jangan khawatir, Pelangi Aqiqah mempunyai Chef Executive yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia memasak.

Quality control
Chef Ali Rasyid

Lokasi kantor Pelangi Aqiqah berada di Komplek Cimanggu Grande, RT.03/RW.15, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor. Jika Anda sempat, Anda bisa langsung datang ke kantor Pelangi Aqiqah untuk memesan paket aqiqah.

Untuk Anda yang berada di luar wilayah Bogor, jangan khawatir, Pelangi Aqiqah melayani pesan antar untuk area Jabodetabek dan Cikarang tanpa dipungut biaya tambahan untuk pengiriman alias free ongkir. 

Jika ada yang ingin ditanyakan silakan komentar di bawah, atau bisa langsung menghubungi CS di nomor WhatsApp 0856 – 0606 – 0505. Anda bisa konsultasi mengenai paket aqiqah sesuai kebutuhan dan CS akan melayani dengan senang hati.