BERAGAM MANFAAT MEMBACAKAN BUKU UNTUK SI KECIL

BERAGAM MANFAAT MEMBACAKAN BUKU UNTUK SI KECIL

BOGOR, Pelangiaqiqah.com – Beragam Manfaat Membacakan Buku Untuk Si Kecil.

Buku merupakan media yang tepat bagi anak untuk belajar banyak hal. Nah, salah satu aktivitas yang dapat Bunda lakukan adalah membacakan buku anak. Tak hanya melatih Si Kecil berbicara, aktivitas ini juga dapat merangsang perkembangan fungsi otaknya.

Tidak sedikit orang tua yang berpikir bahwa anak belum mampu mengerti jika ia dibacakan buku. Padahal, manfaat membacakan buku untuk anak sejak dini dapat meningkatkan perkembangan otak, bahkan kemampuan kognitif dan bahasa mereka.

Nah, bun yuk mari kita simak beragam manfaat membacakan buku untuk si kecil ..

 

Mengenal kosakata dan konsep

Membacakan cerita untuk anak bisa menambah kosakata dan meningkatkan keterampilan komunikasinya. Studi menunjukkan bahwa anak yang rutin mendengar cerita selama 5 tahun pertama, mampu menyerap sekitar 1,4 juta kosakata lebih banyak dibandingkan anak-anak yang tidak dibacakan buku.

Selain menambah kosakata, membacakan buku juga mampu mengenalkan anak pada konsep cerita, angka, warna, huruf, dan bentuk, serta memberikan informasi tentang apa saja yang ada di sekitar mereka.mengaqiqahi anaknya untuk ikut serta hadir menyaksikan proses penyembelihan hewan aqiqah. Sama seperti yang dilakukan pelangiaqiqah.com

Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

Rutin membacakan buku untuk anak dapat meningkatkan imajinasi dan merangsang kreativitasnya. Kreativitas sangat penting untuk mengembangkan minat dan ide serta membantu anak mengelola emosi kelak ia dewasa.

Merangsang fungsi otak

Semakin sering Anda membacakan buku untuk Si Kecil, semakin aktif pula fungsi otaknya. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa membacakan cerita mampu merangsang bagian otak yang terhubung dengan kemampuan berbahasa dan pemahaman.

Selain itu, anak yang sejak kecil sudah terbiasa dibacakan buku oleh orang tuanya akan lebih mudah belajar membaca.

Mengembangkan kemampuan kognitif atau berpikir anak

Membacakan buku untuk anak juga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak. Kemampuan ini meliputi atensi atau perhatian, ingatan, penggunaan kata-kata, pemecahan masalah, dan kemampuan berpikir logis. Ini tentunya sangat penting dalam membantu anak bersosialisasi saat mereka beranjak besar.

Menjalin hubungan yang kuat antara orang tua dan anak

Hubungan Anda dan Si Kecil akan menjadi lebih dekat secara fisik maupun emosional dengan membacakan buku untuknya. Membacakan buku adalah cara yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama anak setelah menjalani hari-hari yang padat.

Tidak hanya baik untuk tumbuh kembang anak secara umum, beberapa ahli juga meyakini bahwa manfaat membaca bagi anak juga dapat menumbuhkan rasa empati dan kecerdasan emosional.

Oleh karena itu, orang tua dianjurkan untuk meluangkan waktu setidaknya 10 menit untuk membacakan cerita sebelum anak tidur malam.

Bunda, itu tadi adalah manfaat membacakan buku kepada si kecil. Nah, sekarang kita simak yuk! Bun tips supaya si kecil mau mendegarkan kita membaca buku ..

Tips agar Buah Hati Senang Saat Dibacakan Buku

Hal terpenting dari manfaat membaca buku adalah adanya interaksi antara bunda dan Si Kecil. Nah, bunda disarankan tidak hanya sekadar membaca kata demi kata, tetapi buatlah pertanyaan atau ilustrasi cerita sesuai dengan dunia nyata.

Misalnya, jika ada tulisan celana berwarna biru di buku, Anda bisa menunjuk celana berwarna merah yang sedang dipakainya, sambil bertanya, “Kamu lebih suka celana warna biru atau celana warna merah?”

Selain itu, Anda juga bisa mencoba tips lain agar Si Kecil tertarik dan senang saat dibacakan buku. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Pilihlah buku yang tepat

Bahan cerita yang akan dibacakan untuk anak bisa diambil dari mana saja, mulai dari koran, majalah, novel, hingga tulisan pada kemasan. Namun, pastikan bunda membacakan buku sesuai dengan usia anak. Anak-anak umumnya menyukai buku dengan gambar dan warna yang menarik perhatian mereka.

Karena anak-anak suka menggigit sesuatu termasuk buku, Bunda juga disarankan untuk memilih buku yang berbahan lembut agar tidak membahayakan Si Kecil.

  • Perhatikan intonasi suara 

Anak lebih menyukai bahasa yang memiliki ritme daripada mendengar isi ceritanya. Jadi, untuk membuat kegiatan membaca ini menjadi lebih menarik, gunakan intonasi suara yang berbeda-beda dalam setiap kata. Pengulangan kata juga bisa bunda lakukan guna melatih kemampuannya berbahasa.

  • Ciptakan suasana yang tenang

Saat melakukan aktivitas membaca dengan Si Kecil, jadikan kegiatan tersebut momen yang menyenangkan. Matikan sumber suara lain, seperti TV, radio, atau ponsel agar konsentrasi Si Kecil tidak terganggu.

Meski Si Kecil belum mengerti apa yang bunda ucapkan, jangan pernah berpikir kebiasaan membacakan buku adalah hal yang sia-sia, sebab Si Kecil tetap bisa menyerap semua perkataan dan informasi yang ia dengar. Manfaat membacakan buku untuk anak memang dapat membantu tumbuh kembangnya. Namun, bunda tetap dianjurkan memeriksakan kondisi Si Kecil ke dokter secara rutin guna memastikan tumbuh kembangnya sudah sesuai dengan usianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *