Bolehkah Berqurban Sebelum Aqiqah?

Bolehkah Berqurban Sebelum Aqiqah?

Dalam seminggu terakhir ini, banyak kueri yang masuk mengenai “apakah boleh berqurban sebelum aqiqah?”. Pada artikel sebelum-sebelumnya penulis sudah pernah membahas mengenai hal tersebut, dan kali ini penulis ingin sharing ulang untuk mengingat kembali tentang topik tersebut.

Seperti yang sudah kita ketahui, aqiqah merupakan bentuk rasa syukur kita (sebagai orangtua) atas lahirnya sang buah hati tercinta. Aqiqah dilakukan sekali dalam seumur hidup, dan menjadi tanggungan ayahnya orangtua anak, bukan dibebankan kepada sang anak. Pelaksanaan aqiqah hukumnya sunnah muakkad.

Sedangkan qurban merupakan ibadah untuk memperingati perayaan hari Raya Idul Adha yang dilakukan antara tanggal 10 – 13 Dzulhijjah di setiap tahunnya. Ibadah qurban berebeda dengan aqiqah, qurban merupakan ibadah yang menjadi tanggungan masing-masing orang. Jika seandainya tahun lalu Anda berqurban, maka tahun ini pelaksanaan qurban masih tetap dianjurkan, begitu juga seterusnya untuk tahun-tahun berikutnya.

Qurban atau Aqiqah Dulu?

Di sini kita coba ambil contoh, misalnya anak Anda lahir pada 3 Dzulhijjah, waktu aqiqah yang dianjurkan adalah 7 hari setelah kelahiran bayi, sehingga bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Jika setelah tanggal 10 Dzulhijjah Anda mempunyai kesanggupan untuk mengaqiqahkan anak, maka pada tanggal 10 tersebut silakan Anda berqurban terlebih dahulu.

Terakhir, yang perlu kita garis bawahi adalah, aqiqah bukanlah syarat sah qurban, dan demikian juga sebaliknya. Anda tidak mempunyai tanggungan untuk aqiqah terhadap diri sendiri, sebab tanggungan aqiqah menjadi beban ayah Anda hingga Anda baligh.

Apabila ayah Anda belum sempat mengaqiqahkan Anda hingga baligh, Anda boleh melaksanakan aqiqah untuk diri sendiri sebagai bentuk sedekah. Dengan demikian, jika Anda ingin berqurban namun belum aqiqah, maka silakan Anda berqurban. Karena aqiqah bukan tanggungan Anda, sedangkan berqurban adalah tanggungan masing-masing.

 

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah aqiqah anak secara praktis, hemat, dan sesuai syariat Islam, kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa aqiqah dari Pelangi Aqiqah.

Pelangi Aqiqah sebagai penyedia jasa aqiqah Pertama Terlengkap Se-Indonesia bisa membantu pelaksanaan aqiqah untuk sang buah hati Anda. Saat ini kami beroperasi pada wilayah Jabodetabek & Cikarang, informasi lebih lanjut hubungi Sales melalui WhatsApp, klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *