Banyak pertanyaan yang muncul di tengah masyarakat perihal hukum melaksanakan aqiqah setelah dewasa. Mungkin, bagi mereka orang tua yang berkecukupan dan diberi kelapangan rizki tentunya dengan mudah menyegerakan anjuran aqiqah demi rasa syukur atas kelahiran sang buah hati yang didambakan dan dinantikan.

Sebaliknya, bagi orang tua yang perekonomiannya sedang dalam masa sulit saat kelahiran putra atau putrinya, tentu akan terasa berat melakukan anjuran aqiqah kepada anaknya. Kondisi ekonomi yang kadang kurang menentu tersebut turut mempengaruhi anjuran pelaksanaan aqiqah.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas artikel yang berkaitan tentang hukum aqiqah setelah dewasa. Sebelumnya pernah juga dibahas mengenai hukum melaksanakan aqiqah anak dan hikmah dari pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Tanggung Jawab Bapak

Jumhur Ulama menyepakati bahwa hukum aqiqah adalah sunnah muakkad(ditekankan). Pelaksanaan aqiqah bukan menjadi beban seorang anak, melainkan bapak. Ketika sang anak lahir, maka aqiqah menjadi tanggung jawab yang dibebankan kepada bapak sampai anak menjelang usia baligh.

Apabila anak tersebut sudah mencapai usia baligh dan aqiqah belum dilaksanakan oleh bapaknya maka, sudah tidak ada lagi beban bapak untuk mengaqiqahkan anak yang sudah diusia baligh. Pelaksanaan aqiqah hanya dilakukan sekali seumur hidup, setelah melaksanakan aqiqah anak, maka sudah tidak ada lagi tanggungan untuk bapak, termasuk jika anak sudah baligh.

Bolehkah Aqiqah Setelah Dewasa?

Waktu pelaksanaan aqiqah yang paling utama adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran sang buah hati. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

كُلُّ غُلاَمٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya. Disembelih pada hari ketujuh, dicukur gundul rambutnya, dan diberi nama.” (HR. Ahmad 20722, at-Turmudzi 1605, dan dishahihkan al-Albani).

Lantas, bagaimana jika pada hari ketujuh masih luput? Maka boleh dilaksanakan pada hari lain sampai usia anak menjelang baligh. Karena, setelah memasuki usia baligh tidak ada lagi beban aqiqah untuk bapak.

Kalaupun orang tua masih tetap ingin melaksanakan aqiqah untuk anaknya, maka caranya adalah dengan memberikan uang kepada anaknya agar digunakan untuk membeli hewan yang akan disembelih sebagai aqiqahnya.

Saya Belum Diaqiqahi Bapak, Bolehkah Aqiqah Sendiri?

Pertanyaan ini sangat berkaitan dengan hukum aqiqah setelah dewasa. Melaksanakan aqiqah untuk diri sendiri ketika sudah dewasa hukumnya diperbolehkan, paling tidak itu akan menjadi sedekah yang diterima.

Ibnul Qayim mengatakan, “Bab, hukum untuk orang yang belum diakikahi bapaknya, apakah dia boleh mengakikahi diri sendiri setelah balig?” Al-Khalal mengatakan, “Anjuran bagi orang yang belum diakikahi di waktu kecil, agar mengakikahi diri sendiri setelah dewasa.”

Saat ini melaksanakan aqiqah menjadi lebih praktis dengan adanya jasa aqiqah. Diantaranya yaitu, Pelangi Aqiqah, yang merupakan Jasa Layanan Aqiqah Terlengkap Se-Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengaqiqahkan sang buah hati, atau sudah mempunyai rencana kedepannya, penulis merekomendasikan Pelangi Aqiqah.

Rekomendasi Jasa Aqiqah Terlengkap

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kami merekomendasikan jasa layanan aqiqah dari Pelangi Aqiqah yang berlokasi di Bogor.

Tidak perlu khawatir jika Anda yang tinggal di luar wilayah Bogor ingin memesan layanan jasa aqiqah dari Pelangi Aqiqah, Anda dapat menghubungi langsung CS-nya di nomor 0856 – 0606 – 0505 (Asiah).

shireen sungkar dan teuku wisnu
Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar menggunakan Jasa Pelangi Aqiqah untuk Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih

Atau hanya sekedar ingin bertanya terlebih dahulu mengenai paket aqiqah yang terdapat di Pelangi Aqiqah, maka dengan senang hati CS-nya menjawab dan melayani Anda dengan ramah dan sabar.

Lebih menariknya, jika Anda berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Pelangi Aqiqah mempunyai layanan antar paket aqiqah di area tersebut free ongkir.