Souvenir aqiqah untuk bayi laki-laki dan bayi perempuan mempunyai beragam jenis. Jika kita lihat di internet banyak marketplace yang menjual souvenir aqiqah dengan aneka macam dan bentuk, mulai dari harga yang paling terjangkau hingga yang tergolong mahal, namun jika Anda memesan souvenir pada Pelangi Aqiqah, Anda tak perlu khawatir soal harga, karena harganya relatif terjangkau.

Seperti yang kita ketahui bahwa souvenir menjadi salah satu daya tarik terhadap tamu yang hadir dalam acara kita. Souvenir juga bisa disebut sebagai bentuk atau ucapan terima kasih kita kepada tamu undangan karena telah bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk menghadiri acara yang kita selenggarakan.

Dengan memberikan bingkisan berupa souvenir kepada tamu undangan, maka secara tidak langsung kita sebagai shohibul hajat telah berupaya memberikan kesan terbaik kepada tamu undangan melalui kenang-kenangan berupa souvenir tersebut.

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai Dekorasi Aqiqah, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas hal yang berkaitan dengan Souvenir Aqiqah, semoga bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli souvenir untuk bingkisan acara aqiqah.

Aqiqah dan Jasa Aqiqah

Sebelum memasuki inti pembahasan, setidaknya kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi mengenai aqiqah dalam Islam. Baik, kami akan bahas secara singkat mengenai apa itu aqiqah.

Aqiqah merupakan suatu bentuk ibadah kita kepada Allah dan sebagai tanda syukur kita sebagai orang tua atas kelahiran sang buah hati. Aqiqah berarti “memotong”, sedangkan menurut istilah aqiqah itu pemotongan hewan aqiqah (kambing/domba) atas kelahiran bayi.

Waktu yang paling utama untuk melakukan aqiqah adalah pada hari ketujuh atau seminggu setelah bayi lahir. Untuk aqiqah anak laki-laki menggunakan dua domba atau kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor domba atau kambing. Bersamaan itu dilakukan cukur rambut bayi dan pemberian nama bayi.

Baca Juga : Syarat Ketentuan Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan

Paket Aqiqah dan Souvenir Aqiqah

Paket aqiqah menjadi perhatian utama bagi orang tua muslim yang akan mengaqiqahkan anaknya. Tentu soal kepraktisan dan keekonomisan menjadi landasan untuk orang yang akan menggunakan jasa layanan aqiqah. Terlebih lagi jika Anda mengadakan acaranya di dalam majlis disertai dengan pengajian yang dihadiri oleh banyak tamu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bingkisan berupa pernak-pernik souvenir menjadi daya tarik pengguna untuk memberikan kesan kepada tamu undangan. Oleh karena itu, Anda sebagai tuan rumah harus memperhatikan juga kondisi dari souvenir yang nantinya akan diberikan kepada tamu undangan.

Jika Anda memesan aqiqah paket ceria / pamer (paket meriah) / super di Pelangi Aqiqah, maka Anda akan mendapatkan souvenir lucu dan menarik, berupa mug, gantungan kunci, handuk saputangan, dan masih banyak lagi sesuai dengan paket aqiqah yang Anda pesan. Selain itu, Anda bisa memesan dalam paket terpisah dari paket aqiqah, sehingga Anda juga bisa membeli souvenirnya saja.

Macam-Macam Souvenir Aqiqah

Setelah sebelumnya sudah dibahas mengenai definisi aqiqah secara singkat, hingga kita ketahui waktu pelaksanaan aqiqah yang paling utama adalah pada hari ketujuh setelah kelahiran bayi, serta hubungan antara paket aqiqah dengan paket souvenir aqiqah, maka pada bagian ini kami akan menunjukkan macam-macam souvenir yang biasa digunakan pada acara aqiqah.

Tas Spunbond

Tas spunbond merupakan jenis tas yang terbuat dari bahan kain sintetis dengan proses pembuatan dilakukan secara mekanis. Tas ini bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk kantong belanjaan apabila Anda sedang berbelanja di minimarket maupun supermarket.

Tas spunbond souvenir aqiqah

Dengan menggunakan tas spunbond sebagai kemasan barang belanjaan, maka Anda juga telah mendukung gerakan tanpa kantong plastik, dan ini sangat positif bagi lingkungan kita mengingat sifat plastik yang susah diuraikan oleh tanah meskipun sudah ditimbun selama bertahun-tahun.

Kembali kepada bingkisan souvenir, dari uraian diatas, maka bisa kita tangkap bahwa pemberian tas spunbond sebagai souvenir kepada tamu undangan sangat kami rekomendasikan, karena tentu bisa dipakai berulang kali dan ini sangat bermanfaat untuk orang yang menerima souvenir tersebut.

Mug Souvenir

Selain tas spunbond, souvenir yang tak kalah menarik dan pastinya sangat bermanfaat untuk tamu undangan adalah mug. Istilah mug ini biasanya agak jarang terdengar, mungkin lebih banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan cangkir. Tapi sebenarnya kalau dilihat secara fungsi mug atau cangkir sama-sama dipakai sebagai wadah untuk minuman, dan dari segi bentuk keduanya juga memiliki gagang dibagian samping.

Mug custom souvenir aqiqah

Jika kita memberikan souvenir berupa mug, tentu sangatlah bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari penggunaan mug biasanya dipakai untuk minum kopi, minum teh, dan sebagainya. Di Pelangi Aqiqah Anda bisa memesan mug custom dengan foto sang buah hati, lucu sekali bukan.

Buku Al Matsurat

Buku Al Matsurat souvenir aqiqah

Al Matsurat merupakan buku kecil yang di dalamnya berisikan kumpulan doa dan dzikir yang berasal dari Al Quran dan As Sunnah. Tentu ini sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mengamalkan isinya dan insyaallah menjadi amal baik bagi Anda karena telah memberikan souvenir berupa Al Matsurat kepada tamu udangan. Seperti yang disampaikan oleh nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, sampaikanlah walau hanya satu ayat.

Gantungan Kunci

Ganci atau gantungan kunci ini merupakan souvenir yang sering kita dapatkan pada saat menghadiri sebuah acara, baik itu acara pernikahan maupun acara ulang tahun. Bisa dikatakan gantungan kunci adalah souvenir yang peminatnya masih sangat banyak.

Gantungan kunci souvenir aqiqah

Sesuai dengan namanya, gantungan kunci biasanya dipakai sebagai hiasan atau variasi pada sebuah kunci, entah itu kunci rumah, kunci motor, atau kunci yang lainnya. Sama seperti mug, Anda juga bisa memasang foto baby di bagian depan.

Pin Magnet

Pin magnet souvenir aqiqah

Bentuknya tidak beda jauh dengan gantungan kunci, yang membedakan hanyalah dari segi penggunaannya saja. Jika gantungan kunci memiliki rantai kecil sebagai pengait, pada pin magnet menggunakan media berupa magnet kecil di bagian belakang yang bisa Anda tempel pada pintu kulkas atau lemari besi. Anda juga bisa memasang foto baby Anda yang menggemaskan pada pin magnet.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas kita dapat simpulkan bahwa souvenir mempunyai berbagai macam jenis. Souvenir membuat tamu menjadi lebih berkesan, secara tidak langsung dengan memberikan souvenir berarti kita telah mengapresiasi tamu undangan.

Selain itu, souvenir juga menjadi bentuk terima kasih kita kepada tamu karena telah bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk bisa menghadiri acara aqiqah yang kita selenggarakan. Meskipun demikian, pemberian souvenir tidaklah wajib, apabila menurut Anda memberatkan, maka Anda tidak perlu memberikan souvenir kepada para tamu undangan.

Paket Souvenir Aqiqah Pernak Pernik Bingkisan Aqiqah
5 (100%) 1 vote