Undangan aqiqah dan kartu ucapan aqiqah merupakan sebuah media yang berfungsi sebagai pemberitahuan atas acara tasyakuran aqiqah yang akan diselenggarakan. Anda bisa membuat desain secara mudah dengan menggunakan template undangan aqiqah microsoft word.

Bukan hanya dalam sebuah acara pernikahan atau khitanan saja yang mempunyai kartu undangan, tapi sekarang acara tasyakuran aqiqah juga memiliki cara yang sama dalam mengundang saudara, tetangga, teman. Cara tersebut dengan menggunakan kartu undangan, baik itu berupa kartu fisik maupun kartu digital.

Tentu saja dengan maksud utama untuk memberitahukan kepada orang-orang yang kita undang untuk dapat menghadiri acara tasyakuran aqiqah yang Anda selenggarakan. Selain itu, bentuk dan format undangan yang menarik juga bisa menjadi magnet bagi tamu undangan.

Pada kesempatan kali ini, Pelangi Aqiqah akan membahas mengenai hal yang berkaitan dengan undangan aqiqah dan kartu ucapan untuk acara tasyakuran aqiqah.

Pengertian Aqiqah Secara Singkat

Sebelum masuk kepada pembahasan inti, ada beberapa poin penting yang akan kami uraikan, diantaranya, Definisi Aqiqah, Tasyakuran Aqiqah dan Hukum Aqiqah.

Definisi Aqiqah

Aqiqah merupakan bentuk ucapan rasa syukur umat islam kepada Allah atas bayi yang dilahirkan dengan syarat-syarat tertentu menurut syariat ajaran Islam. Aqiqah itu didefinisikan sebagai “memotong”, karena dalam proses aqiqah anak ini adalah memotong/menyembelih hewan.

Waktu yang paling utama untuk mengaqiqahkan anak adalah pada hari ke-7 atau seminggu setelah bayi lahir. Untuk anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing/domba dan anak perempuan menggunakan satu ekor kambing/domba.

Tasyakuran Aqiqah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tasyakuran adalah bertasyakur yang berarti selamatan untuk berterima kasih kepada Allah (karena cita-citanya terlaksana dan sebagainya).

Tasyakuran sudah menjadi tradisi dalam mayoritas masyarakat Islam Indonesia ketika mendapatkan sebuah nikmat, mengadakan acara tasyakuran dan selametan. Salah satu tasyakuran yaitu, tasyakuran aqiqah yang berarti bentuk berterima kasih kepada Allah atas nikmat yang diberikan dari kelahiran sang buah hati.

Selain sebagai wujud rasa syukur, tasyakuran aqiqah juga merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Oleh karena itu, dalam acara aqiqah kepada orang yang punya hajat (shohibul hajat) dianjurkan untuk berbagi dengan orang lain.

Hukum Aqiqah

Sebagaimana yang disebutkan oleh Al-Allamah Imam Asy-Syaukhani rahimahullah dalam Nailul Authar (6/213) : “Jumhur ulama berdalil atas sunnahnya aqiqah dengan hadist Nabi : “….berdasarkan hadist no.5 dari ‘Amir bin Syu’aib.”

Baca Juga : Syarat Ketentuan Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan

Dalam kultur masyarakat jawa, pelaksanaan aqiqah biasanya dilakukan setelah bayi berusia 35 hari. Orang jawa biasa menyebutnya dengan istilah selapan dino. Acaranya disebut selapanan.

Kartu Undangan Aqiqah Kekinian

Jika pada pembahasan sebelumnya sudah dibuka dengan uraian singkat mengenai apa itu aqiqah, sampai kepada hukum pelaksanaan aqiqah, maka, pada bab kali ini kita masuk dalam inti tema artikel.

Poin dalam pembahasan inti meliputi, Jenis Undangan Aqiqah dan Contoh Undangan Aqiqah, Tips Membuat Undangan Aqiqah Sendiri, serta Template Undangan Aqiqah yang bisa Anda download secara gratis melalui link yang disediakan.

Jenis Kartu Undangan Aqiqah

Pada umumnya undangan berbentuk kartu atau surat yang berbentuk fisik, namun ternyata setidaknya ada dua jenis kartu undangan, yang pertama berbentuk fisik, berikutnya kartu undangan digital. Lalu apa yang dimaksud dengan kartu undagan digital itu? dan apa bedanya dengan kartu undangan yang konvensional? Berikut pembahasannya:

Kartu Undangan Aqiqah Konvensional

Jika mendengar istilah kartu undangan, yang terbesit langsung dipikiran kita adalah selembar kertas yang berisikan foto sang mempelai (jika undangan pernikahan) atau foto sang anak apabila undangan aqiqah.

Ukuran kartu undangan juga bermacam-macam, mulai dari yang seukuran kecil, medium, hingga ukuran besar yang biasanya mempunyai informasi pendukung, seperti peta lokasi tempat hajat.

contoh kartu undangan
Peta lokasi kartu undangan

Kartu Undangan Aqiqah Digital

Kartu undangan digital adalah kartu undangan yang tidak memiliki wujud fisik namun berupa visual gambar yang biasanya berformat JPEG atau PNG dan bisa kita bagikan ke teman atau grup melalui sosial media, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Kelebihan dari menggunakan kartu undangan digital adalah praktis dan ekonomis. Dengan kepraktisan yang ditawarkan, membuat Anda lebih mudah dalam menyebarluaskan undangan kepada orang yang ingin Anda undang.

Kartu undangan digital

Tips Membuat Undangan Aqiqah Sendiri

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat undangan aqiqah sendiri, harap diperhatikan beberapa poin penting, tapi yang paling utama dari kartu undangan itu sendiri adalah tidak memakai kalimat berbelit-belit agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Kami akan memberikan beberapa tips dalam membuat undangan, terkhusus undangan aqiqah. Berikut ini adalah tips-tipsnya:

Bagian Pembuka Undangan

Bagian awal yang harus diperhatikan ketika membuat undangan aqiqah, yaitu bagian pembukaan. Awali kartu undangan dengan ucapan salam pembuka. Salam pembuka ini wajib kita tulis sebagai bentuk sapaan keapda orang yang kita undang.

Bagian Isi Undangan

Setelah bagian pembuka, selanjutnya masuk ke dalam isi undangan. Bagian ini adalah bagian yang paling penting pada kartu undangan. Penerima undangan akan mengetahui maksud dan pesan yang kita sampaikan dalam kartu undangan.

Bagian Penutup Undangan

Bagian terakhir dari poin penting yang harus diperhatikan saat membuat kartu undangan, yaitu bagian penutup. Pada bagian ini biasanya berisi bentuk harapan kita kepada orang yang diundang agar bisa menghadiri acara yang kita selenggarakan. Jangan lupa berikan salam penutup juga.

Download Kartu Undangan Aqiqah

Tiba di penghujung artikel, setelah diuraikan beberapa informasi terkait kartu undangan aqiqah, mulai dari jenis kartu undangan aqiqah sampai tips-tips dalam membuat kartu undangan aqiqah, kami akan bagikan template atau contoh kartu undangan aqiqah dalam bentuk Microsoft Word (.doc).

Rekomendasi Jasa Aqiqah Lengkap

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kami merekomendasikan jasa layanan aqiqah dari Pelangi Aqiqah yang berlokasi di Bogor.

Tidak perlu khawatir jika Anda yang tinggal di luar wilayah Bogor ingin memesan layanan jasa aqiqah dari Pelangi Aqiqah, Anda dapat menghubungi langsung CS-nya.

Teuku wisnu pelangi aqiqah
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu

Atau hanya sekedar ingin bertanya terlebih dahulu mengenai paket aqiqah yang terdapat di Pelangi Aqiqah, maka dengan senang hati CS-nya menjawab dan melayani Anda dengan ramah dan sabar.

Lebih menariknya, jika Anda berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Pelangi Aqiqah mempunyai layanan antar paket aqiqah di area tersebut free ongkir.

Pelangi aqiqah berusaha untuk tepat waktu mengantarkan paket catering aqiqah Anda. Ibadah aqiqah itu mudah, jangan dibuat susah. Gunakan jasa Pelangi Aqiqah.

Undangan Aqiqah Kekinian Download MS Word Gratis
5 (100%) 11 vote[s]