Aqiqah merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT sebagai wujud rasa syukur atas kelahiran sang buah hati. Ibadah yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW ini mempunyai syarat ketentuan dan tata cara yang harus kita ketahui (sebagai orangtua) sebelum melaksanakannya untuk anak.

Salah satu hal penting berkenaan dengan aqiqah adalah mengenai usia kambing untuk aqiqah. Sependek pengetahuan penulis sabda Rasulullah SAW yang berkaitan dengan aqiqah itu sangat umum diantaranya seperti hadits : “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud No. 2838).

Berikutnya hadits yang menyebutkan tentang waktu pelaksanaan aqiqah, “Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh, atau keempat belas , atau keduapuluh satunya.” (HR. Baihaqi dan Thabrani). Hadits yang lain lagi, ”Anak laki-laki diakikahi dengan dua ekor kambing yang semisal, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor kambing.” (HR. At Tirmidzi No. 794).

Lantas, Berapa Usia Kambing Untuk Aqiqah?

Disebabkan tidak ada nash atau hadits yang langsung menyebutkan mengenai syarat usia hewan untuk aqiqah, maka ada sebagian ulama yang mengkiaskan kepada ibadah qurban. Menurut alim ulama Islam di Indonesia baik dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah, bahwa syarat kambing aqiqah itu disamakan dengan persyaratan hewan untuk berkurban. Termasuk salah satunya mengenai umur kambing.

Inilah pendapat yang masyhur di kalangan fuqoha. Berikut ini adalah tabel usia minimal dari hewan untuk qurban.

Jenis Hewan AqiqahUsia Minimal Hewan
Unta5 tahun
Sapi2 tahun
Kambing1 tahun
Domba6 bulan

Dilansir dari halaman “Umur Hewan Kurban” pada situs Rumaysho.com, Rasulullah SAW bersabda:

لَا تَذْبَحُوا إِلَّا مُسِنَّةً, إِلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنَ اَلضَّأْنِ

Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.” (HR. Muslim no. 1963).

Apa Itu Musinnah?

Musinnah merupakan kecukupan usia dari hewan sembelihan. Adapun rincian musinnah beberapa hewan untuk qurban di hari raya Idul Adha sebagai berikut:

  • Musinnah dari kambing berusia satu tahun (masuk tahun kedua),
  • Musinnah dari sapi berusia dua tahun (masuk tahun ketiga),
  • Musinnah dari unta berusia genap lima tahun (masuk tahun keenam).

Apa Itu Jadza’ah?

Jadza’ah adalah domba yang telah berusia enam bulan hingga satu tahun.

Baca Juga : Hukum Aqiqah dan Dalilnya Dalam Islam

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa tidak ada hadits secara khusus yang menjelaskan mengenai usia kambing untuk aqiqah. Akan tetapi, sebagian ulama mengkiaskan kepada ibadah qurban, seperti sehat, tidak cacat, tidak kurus sekali, dan tidak buta. Anda boleh beraqiqah menggunakan kambing yang usianya satu tahun, dan untuk domba minimal 6 bulan.

Rekomendasi Jasa Aqiqah Lengkap

Untuk Anda yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), kami merekomendasikan jasa layanan aqiqah dari Pelangi Aqiqah yang berlokasi di Bogor.

Tidak perlu khawatir jika Anda yang tinggal di luar wilayah Bogor ingin memesan layanan jasa aqiqah dari Pelangi Aqiqah, Anda dapat menghubungi langsung CS-nya di nomor 0856 – 0606 – 0505 (Asiah).

Teuku wisnu pelangi aqiqah
Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu Menggunakan Jasa Pelangi Aqiqah

Atau hanya sekedar ingin bertanya terlebih dahulu mengenai paket aqiqah yang terdapat di Pelangi Aqiqah, maka dengan senang hati CS-nya menjawab dan melayani Anda dengan ramah dan sabar.

Lebih menariknya, jika Anda berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Pelangi Aqiqah mempunyai layanan antar paket aqiqah di area tersebut free ongkir.

Baca Juga : Paket Souvenir Aqiqah Pernak Pernik Bingkisan Aqiqah

Pelangi aqiqah berusaha untuk tepat waktu mengantarkan paket catering aqiqah Anda. Ibadah aqiqah itu mudah, jangan dibuat susah. Gunakan jasa Pelangi Aqiqah.